RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan
pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.
Indikator :
Menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis Indonesia).
Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallaua dan Weber.
Mendeskripsikan persebaran jenis tanah pemanfaatannya di Indonesia.
Alokasi : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Menunjukkan letak geografis Indonesia.
Menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Mengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukkan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Menyajikan informasi persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallace dan Weber.
Mendeskripsikan persebaran jenis tanah pemanfaatannya di Indonesia.
Materi Pembelajaran :
Letak geografis Indonesia (posisi geografis, letak geografis).
Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
Musim Indonesia.
Persebaran flora dan fauna tipe Asia, tipe Australia serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallace dan Weber.
Persebaran jenis tanah di Indonesia, pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indoensia.
Metode Pengajaran :
Ceramah bervariasi
Diskusi
Tanya Jawab
Simulasi
Observasi/Pengamatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi letak geografis Indonesia
a. Pendahuluan :
Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Mengapa letak Indonesia strategis?
Apersepsi ;
b. Kegiatan Inti.
Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
Siswa menyebutkan letak geografis dan letak astronomis Indonesia.
Guru menjelaskan posisi geografis dan letak astronomis.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
Memberikan tugas individu agar siswa menunjukkan letak geografis dan letak astronomis..
2. Pertemuan II
Materi ; Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Melihat cuaca hari ini ?
Apersepsi
- sebutkan letak geografis Indonesia.
- sebutkan letak astronomis Indonesia.
- musim di Indonesia di bedakan dan sebutkan.
b. Kegiatan Inti.
Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
Siswa menunjukkan perubahan musim.
Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
Guru memberikan pertanyaan pada siswa dengan berdiskusi interaktif.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
Memberikan tugas individu.
3. Pertemuan III
Materi : Musim di Indonesia.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- musim apakah sekarang ?
Apersepsi ; -
b. Kegiatan Inti.
Guru minta siswa untuk memperhatikan peta.
Siswa menyebutkan musim di Indonesia.
Guru menjelaskan musim di Indonesia.
Siswa menyimpulkan penjelasan guru.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
Memberikan tugas individu agar siswa dapat menunjukkan perubahan musim di Indonesia.
4. Pertemuan IV
Materi ; Pesebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian
wilayah dan Wallace dan Weber.
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan & kerapian kelas.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- sebutkan jenis fauna yang hidup di Sumatra!
Apersepsi ;
- sebutkan contoh fauna di Kalimantan!
b. Kegiatan Inti.
1. Informasi flora di Indonesia bagian barat
2. Guru menanyakan flora di Indonesia danfauna Indonesia.
3. Siswa membuat rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru.
c. Penutup
Penilaian
Refleksi, siswa menyebutkan flora dan fauna di Indonesia.
5. Pertemuan V
Materi ; Persebaran jenis-jenis tanah di Indonesia dan pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia..
a. Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, keberdihan & kerapian kelas.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- sebutkan jenis tanah yang ada di sekitar sungai!
Apersepsi ;
- sebutkan contoh jenis tanah di Indonesia!
b. Kegiatan Inti.
Informasi jenis tanah di Indonesia.
Guru menanyakan jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia.
Siswa membuat rangkuman tentang jenis tanah dan pemanfaatan jenis tanah di Indonesia.
Guru menjelaskan tentang pemanfaatan jenis tanah di Indonesia.
c. Penutup
Penilaian.
Refleksi, Siswa dan menyebutkan jenis tanah dan pemanfaatannya.
Sumber Belajar.
Buku IPS kelas VIII Tiga Serangkai.
Buku IPS Kelas VIII Erlangga
Buku paket
Guru
Gambar-gambar
OHP
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik
Tes lesan
Tes tertulis
Tes penugasan
Tes demonstrasi
Tes diskusi
Bentuk Instrumen
Daftar pertanyaan
Tes isian
Tes pilihan ganda
Tes uraian
Pekerjaan rumah
Rangkuman
Lembar diskusi
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya
penanggulangannya.
Indikator :
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk (kelahiran dan kematian).
Mendeskrispsikan arti dan ukuran angka kematian.
Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan angka kematian.
Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia.
Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida pendudukannya.
Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan.
Mengartikan angka usia harapan hidup.
Mendiskusikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Menyajikan informasi kependudukan dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, grafik.
Mengidentifikasi jenis-jenis imigrasi dan factor-faktor penyebabnya.
Menganalisis dampak positif dan negative imigrasi serta usaha penanggulannya.
Alokasi : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
Mendeskrispsikan arti dan ukuran angka kematian.
Mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan angka kematian.
Membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan pulau di Indonesia.
Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida pendudukannya.
Menghitung angka perbandingan laki-laki perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan.
Mengartikan angka usia harapan hidup.
Mendeskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Membuat informasi kependudukan dalam bentuk peta, tabel, grafik.
Mengidentifikasi jenis-jenis imigrasi dan faktor-faktor penyebabnya.
Menganalisis dampak positif dan negative imigrasi serta usaha penanggulannya.
Materi Pembelajaran :
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
Angka kelahiran dan angka kematian.
Faktor penunjang kelahiran dan angka kematian.
Kepadatan penduduk dan cara menghitungnya.
Piramida penduduk Indonesia.
Cara menghitung sex ratio dan beban ketergantungan.
Angka usia harapan hidup.
Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.
Membuat peta, tabel, grafik kependudukan.
Jenis-jenis imigrasi dan factor-faktor penyebabnya.
Dampak positif dan negative imigrasi serta usaha penanggulannya dampak imigrasi.
Metode Pengajaran :
Ceramah bervariasi
Diskusi
Inquiry
Tanya Jawab
Simulasi
Observasi/Pengamatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi : - Faktor-faktor pertumbuhan penduduk.
- Angka kelahiran dan kematian.
- Faktor penunjang kelahiran dan kematian.
a. Pendahuluan :
Apersepsi dengan tanya jawab tentang perubahan jumlah penduduk.
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Mengapa penduduk jumlahnya bertambah?
b. Kegiatan Inti.
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
Masing-masing kelompok diskusi tentang :
Factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.
Menghitung angka kelahiran dan kematian.
Faktor-faktor penunjang kelahiran dan kematian.
Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.
Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
Memberikan tugas individu yaitu menghitung soal-soal angka kelahiran dan angka kematian.
2. Pertemuan II
Materi : - Kepadatan penduduk.
- Pirmida penduduk Indonesia.
- Cara menghitung kepadatan penduduk, sex ratio dan beban ketergantungan.
a. Pendahuluan :
Apersepsi : salah satu siswa maju kedepan untuk dapat menunjukkan pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia pada peta tematik.
Motivasi, dengan pertanyaan misalnya;
- Mengapa pulau Jawa merupakan pulau yang terpadat penduduknya di Indonesia?
b. Kegiatan Inti.
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
Masing-masing kelompok diskusi tentang :
Mengapa angka/beban ketergantungan di Indonesia tinggi.
Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.
Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
Memberikan tugas individu yaitu membuat peta kepadatan penduduk antar propinsi di Indonesia.
3. Pertemuan III
Materi : - Angka usia harapan hidup.
- Ledakan penduduk dm upaya mengatasinya.
- Peta, tabel dan grafik kependudukan.
a. Pendahuluan :
Apersepsi : bertanya kepada siswa tentang usia berapa warga di lingkungannya meninggal?
Motivasi, dengan mengajukan pertanyaan misalnya;
- Mengapa penduduk jumlahnya bertambah?
b. Kegiatan Inti.
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
Masing-masing kelompok diskusi tentang :
Dampak dan upaya penanggulangan ledakan penduduk.
Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.
Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
Memberikan tugas individu yaitu membuat peta tentang grafik kependudukan di desanya masing-masing.
4. Pertemuan IV
Materi : - Migrasi dan factor penyebabnya.
- Dampak dan usaha penanggulangan migrasi.
a. Pendahuluan :
Apersepsi : bertanya kepada siswa adakah warga di lingkungan ada yang memantau keluar kota?
Motivasi, mengamati suatu gambar tentang pemukiman kumuh di kota.
b. Kegiatan Inti.
Tanya jawab tentang jenis-jenis migrasi.
Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskusi.
Masing-masing kelompok diskusi tentang :
Dampak dan usaha penanggulangan migrasi..
Mempresentasikan hasil diskusi dari masing-masing kelompok.
Melakukan penilaian dari hasil pengamatan pelaksanaan diskusi dan presentasi.
c. Penutup
Membuat kesimpulan bersama-sama hasil diskusi.
Melakukan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas.
Memberikan tugas individu yaitu mencari data penduduk yang datang dan yang pergi di daerahnya masing-masing setiap bulan selama 1 tahun.
Sumber Belajar.
Peta
Atlas
Globe
Lembar penilaian psikhomotrik
Buku geografi yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar
Tehnik
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen
Tes uraian
Tes Identifikasi
Uji petik kerja produk.
3. Soal Instrumen :
Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan alam?
Angka kelahirn suatu daerah 34 apa artinya?
Sebutkan 4 faktor penunjang kelahiran?
Jelaskan cirri-ciri piramida penduduk limas?
Jika suatu daerah jumlah penduduk laki-laki 100 dan jumlah penduduk perempuan 120 , berapakah sex ratio?
Angka usia harapan hidup suatu negara 65 apa artinya?
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulannya dalam pembangunan berkelanjutan.
Indikator :
Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsure abiotik, unsure biotik, sosial budaya).
Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.
Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan.
Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Alokasi : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya).
Menafsirkan/mengetahui arti penting lingkungan bagi kehidupan.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup.
Mengartikan hakekat pembangunan nasional.
Mengidentifikasi hakekat pembangunan berkelanjutan.
Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan.
(1) Mengartikan unsur abiotik, unsure biotik, sosial budaya.
(2) Mengidentifikasi factor penyebab kerusakan lingkungan hidup.
Mnegidentifikasi penerapan contoh pembangunan berkelanjutan.
Materi Pembelajaran :
Pengertian unsur-unsur lingkungan abiotik biotik, sosial budaya.
Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
Factor penyebab kerusakan lingkungan.
Pengertian pembangunan berkelanjutan.
Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Penerapan pembangunan berkelanjutan.
Metode Pengajaran :
Ceramah bervariasi
Diskusi
Inquiry
Tanya Jawab
Observasi/Pengamatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
a. Pendahuluan :
Apersepsi : bagimana keadaan lingkungan di sekitar kalian?
Motivasi ;
- Siswa dimimta menyampaikan keadaan lingkungan disekitar masing-masing.
b. Kegiatan Inti.
Siswa diberi tugas mengamati lingkungan di sekitar lingkungan.
Tanya jawab tentang perbedaan.
c. Penutup
Penilaian.
Refleksi :
- Siswa mengungkapkan lesan terhadap lingkungan sendiri-sendiri.
2. Pertemuan II
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Jelaskan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup beserta faktor penyebabnya.
Motivasi ;
- Menceritakan tentang bentuk-bentuk kerusakan lingkungan dan faktor-faktor penyebabnya.
b. Kegiatan Inti.
Mencontohkan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup.
Menentukkan faktor penyebab kerusakan lingkungan hidup.
Mencontohkan usaha pelestarian lingkungan hidup.
c. Penutup
Penilaian.
Refleksi :
Menyimpulkan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup beserta faktor penyebabnya.
Mendemonstrasikan usaha pelestarian lingkungan.
3. Pertemuan III
a. Pendahuluan :
Apersepsi :
Jelaskan hakekat pengertian pembangunan.
Jelaskan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Motivasi ;
- Menceritakan hasil pembangunan yang ada di lingkungan siswa masing-masing.
b. Kegiatan Inti.
Menjelaskan hakekat pengertian pembangunan.
Mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Mencontoh hasil pembangunan yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal.
c. Penutup
Penilaian.
Refleksi :
Menyimpulkan pengertian pembangunan berkelnjutan.
Menyimpulkan ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.
Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku Geografi yang relevan.
Majalah/gambar.
Guru
CD
Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis
penugasan
demontrasi/simulasi
Bentuk Instrumen
Daftar pertanyaan
Tes isian singkat
Yes pilihan ganda
Tes uraian
PR.
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan..
Indikator :
Menjelaskan permasalahan kwatitas penduduk.
Menjelaskan kwalitas penduduk.
Alokasi : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Mendeskripsikan jumlah penduduk persepuluh tahun mulai dari tahun 1930,1961,1971,1980, 1990 dan 2000.
Membedakan kepadatan penduduk di berbagi pulau di Indonesia.
Menentukkan cara mengatasi problematika penduduk yang menyangkut kwantitas penduduk di Indonesia.
Mendeskripsikan tingkat pendidikan penduduk di Indonesia.
Menentukkan cara mengatasi masalah pendidikan penduduk di Indonesia.
Membandingkan tingkat pengahasilan penduduk Indonesia dengan penduduk negara-negara lain.
Menentukkan cara mengatasi masalah penghasilan penduduk di Indonesia yang masih relative rendah.
Mendeskripsikan tingkat kesehatan penduduk Indonesia.
Menentukkan cara mengatasi masalah kesehatan penduduk di Indonesia.
Mendeskripsikan mata pencaharian penduduk Indonesia.
Menentukan cara memperbaiki mata pencaharian penduduk di Indonesia (lapangan kerja).
Materi Pembelajaran :
Permasalahan kwantitas penduduk di Indonesia.
Permasalahan kwalitas penduduk di Indonesia.
Metode Pengajaran :
Ceramah
Diskusi
Inquiry
Tanya Jawab
Observasi/Pengamatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan | Pendahuluan | Kegiatan Inti | Penutup |
I |
Menjelaskan tentang aspek-aspek kependudukan dalam suatu negara. | Guru :
SISWA :
|
Guru menutup dengan saran dan penugasan di rumah (PR) yaitu : 1. Bagaimanakah kondisi kuantitas penduduk di Indonesia yang sudah kamu pelajari. 2. Bagaimana cara mengatasi masalah yang berhubungan dengan kuantitas penduduk di Indonesia.
|
II |
| GURU
SISWA
|
Guru (1).Menutup kesimpulan-kesimpulan yang penting untuk siswa, serta saran yang harus/perlu dilakukan oleh kita semua sebagai penduduk dan subyek pembangunan. (2).Memberi penugasan kepada siswa untuk PR soal-soal di penilaian (F).
|
Sumber dan Media Pembelajaran :
Buku IPS Terpadu penerbit Tiga Serangkai.
Guru
LCD
OHP
Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis
penugasan
demonstrasi/simulasi
tes lisan
tes tertulis
Bentuk Instrumen
Tes lesan singkat
Tes uraian
PR.
Simulasi (rubrik)
Soal-soal sebagai berikut :
Tes Isian Singkat
Sensus penduduk di Indonesia secara nurani di mulai tahun ………
a. 1961
Sensus penduduk di laksanakan setiap dekade yaitu ….tahun sekali
b. Papua
Jumlah penduduk di Indonesia pada tahun 2000 adalah …..
c. 1930
Pulau terpadat penduduknya di Indonseia adalah …..
D. 203,5 jt jiwa
Pulau terjarang penduduknya di Indonseia adalah …..
e. Jawa
f. 10
g. Kalimantan
Tes Uraian
a. Jelaskan mengapa P. Jawa menjadi pulau terpadat di Indonesia?
b. Sebutkan akibat-akibat yang terjadi di Jawa akibat padatnya penduduk.
c. Bagimana cara mengatasi masalah tersebut.
a. Bagaimanakah kondisi pendidikan di Indonesia.
b. Bagaimanakah tingkat pendidikan penduduk di Indonesia
c. Bagimanakah cara mengatasi masalah-masalah pendidikan di Indonesia.
a. Bagimanakah tingkat penghasilan di Indonesia bila dibanding dengan tingkat penghasilan penduduk di negara-negara lain.
b. Bagaimanakah cara mengatasi maslah npenghasilan di Indonesia.
a. Bagimanakah tingkat kesehatan penduduk di Indonesia
b. Bagaimanakah cara mengatasi kesehatan penduduk di Indonesia.
a. Bagimanakah cara mengatasi problematika mata pencaharian (perekonomian) penduduk di Indonesia.
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar :3.1. Mengidentifikasi penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV, dsb) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Indikator :
Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam kelaurga dan masyarakat.
Alokasi : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
Mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam keluarga.
Mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam masyarakat.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di dalam keluarga.
Mengidentifikasi penyimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat.
Mengidentifikasi pelaksanaan penyimpangan sosial yang terjadi di dalam keluarga.
B. Materi Pembelajaran :
Pengertian penyimpangan sosial.
Bentuk-bentuk penyimpangan sosial yang terjadi di dalam keluarga dan masyarakat.
Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
C. Metode Pengajaran :
Ceramah bervariasi
Diskusi
Inquiry
Tanya Jawab
Simulasi
Observasi/Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Sebutkan jenis-jenis penyimpangan sosial di sekitarmu?
Motivasi : Guru menceritakan peristiwa-peristiwa sosial di
Lingkungan sekolah dan sekitarnya.
b. Kegiatan Inti.
Siswa di bagi empat kelompok
Setiap kelompok di beri tugas :
Kelompok I : mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam keluarga.
Kelompok II : mengidentifikasi penyimpangan sosial di dalam masyarakat.
Kelompok III : mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga.
Kelompok IV : mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam masyarakat.
Setiap kelompok membuat laporan dan mempresentasikan di depan kelas.
Tanya jawab tentang pengertian sosial dan bentuk-bentuk penyimpangan sosial.
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : siswa membuat kesimpulan.
2. Pertemuan II
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Berilah contoh penyimpangan sosial yang ada di sekitarnya?
Motivasi : Siswa di minta untuk saling memberikan contoh bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga yang ada di televise/keluarga selebritis.
b. Kegiatan Inti.
Tanya jawab tentang peran keluarga dalam membentuk kepribadian anak.
Memberikan contoh penyimpangan dalam membentuk kepribadian anak.
Membedakan jenis penyimpangan sosial dalam keluarga dan penyimpangan sosial dalam masyarakat.
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : siswa menyimpulkan tentang pengaruh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat terhadap kepribadian anak.
E. Sumber dan Media Pembelajaran.
Buku IPS terpadu, penerbit Tiga Serangkai
Guru
LCD
CD
Masyarakat di sekolah, keluarga dan masyarakat sekitar.
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik
Tes lesan
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
Demonstrasi/Simulasi
Observasi
2. Bentuk Instrumen
Daftar pertanyaan
Tes lisan singkat
Tes pilihan ganda
Tes uraian
Pekerjaan rumah
Simulasi ( rubrik)
Lembar observasi ( rubrik)
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar :3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat
Indikator :
Mengidentifikasi akibat penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat
Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial
Mengidentifikasi upaya – upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Alokasi : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial
Mengidentifikasi upaya – upaya pencegahan penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat.
B. Materi Pembelajaran :
Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Faktor – faktor penyebab terjadinya penyimpangan social
Upaya – upaya pencegahan penyimpangan social dalam keluarga dan masyarakat
C. Metode Pengajaran :
Ceramah bervariasi
Diskusi
Inquiry
Tanya Jawab
Simulasi
Observasi/Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Sebutkan contoh penyimpangan sosial di sekitarmu?
Motivasi : Guru menceritakan peristiwa actual yang berkaitan dengan penyimpangan sosial
b. Kegiatan Inti.
Siswa di bagi empat kelompok
Setiap kelompok di beri tugas :
Kelompok I : mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial di dalam keluarga.
Kelompok II : mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial di dalam masyarakat.
Kelompok III : mengidentifikasi contoh – contoh akibat penyimpangan sosial dalam keluarga.
Kelompok IV : mengidentifikasi contoh – contoh penyimpangan sosial dalam masyarakat.
Setiap kelompok membuat laporan dan mempresentasikan di depan kelas.
Tanya jawab tentang akibat penyimpangan sosial.
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : siswa membuat kesimpulan. Dan Tugas rumah mencari dan mengarsipkan berita tentang penyimpangan social
Pertemuan II
a. Pendahuluan :
Apersepsi dan motivasi : Guru memeriksa lingkungan kelas dan tempat duduk dan berkomentar . menayakan tugas minggu yang lalu dan meminta salah satu siswa untuk membacakan berita tersebut
b. Kegiatan Inti
Siswa di bagi empat kelompok
Setiap kelompok di beri tugas :
memilih salah satu berita yang paling menarik dari tugas minggu lalu baik dari keluarga maupun masyarakat
Mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan penyimpangan sosial dari berita yang dipilih
Setiap kelompok membuat laporan dan mempresentasikan di depan kelas.
Tanya jawab tentang factor – factor yang menyebabkan penyimpangan sosial. Di keluarga dan masyarakat
c. Penutup
Penilaian dan kesimpulan
3. Pertemuan III
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Berilah contoh penyimpangan sosial yang ada di sekitarnya?
Motivasi : Siswa di minta untuk saling memberikan contoh bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga yang ada di televise/keluarga selebritis.
b. Kegiatan Inti.
Siswa di bagi empat kelompok
Setiap kelompok di beri tugas :
Diskusi tentang upaya – upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat berdasarkan tugas minggu lalu
Setiap kelompok membuat laporan dan mempresentasikan di depan kelas.
Tanya jawab tentang upaya – upaya pencegahan penyimpangan sosial. Di keluarga dan masyarakat
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : siswa menyimpulkan tentang pengaruh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat terhadap kepribadian anak.
E. Sumber dan Media Pembelajaran.
Buku IPS terpadu, penerbit Tiga Serangkai
Guru
LCD
CD
Masyarakat di sekolah, keluarga dan masyarakat sekitar.
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik
Tes lesan
Tes tertulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
Demonstrasi/Simulasi
Observasi
2. Bentuk Instrumen
Daftar pertanyaan
Tes lisan singkat
Tes pilihan ganda
Tes uraian
Pekerjaan rumah
Simulasi ( rubrik)
Lembar observasi ( rubrik)
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / II
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar :6.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
Indikator :
Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial.
Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial.
Alokasi : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Menyebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial.
Menyebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
Menjelaskan dampak-dampak hubungan sosial.
B. Materi Pembelajaran :
Bentuk-bentuk hubungan sosial.
Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
Dampak-dampak terjadinya hubungan sosial.
C. Metode Pengajaran :
Ceramah bervariasi
Diskusi
Inquiry
Tanya Jawab
Simulasi
Observasi/Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
Materi ; Bentuk-bentuk hubungan sosial.
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Menunjukkan gambar bentuk-bentuk hubungan sosial.
Motivasi : Siswa di minta mengamati gambar bentuk-bentuk hubungan
sosial.
b. Kegiatan Inti.
Siswa di bagi empat kelompok
Setiap kelompok mendiskusikan tentang bentuk-bentuk hubungan sosial.
Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
c. Penutup
Penilaian
Memberi tugas individu.
2. Pertemuan II
Materi ; Bentuk-bentuk hubungan sosial.
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Jelaskan bentuk-bentuk hubungan sosial.
Motivasi : memberi contoh faktor pendorong terjadinya hubungan
sosial.
b. Kegiatan Inti.
Guru memberikan penjelasan materi di selingi tanya jawab
Guru memberikan tugas kelompok.
Mempresentasikan tugas masing-masing kelompok.
c. Penutup
Penilaian
Memberi tugas individu.
3. Pertemuan III
Materi ; Dampak-dampak hubungan sosial.
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Contoh-contoh hubungan sosial di kelas.
Motivasi : -
b. Kegiatan Inti.
Siswa di bagi empat kelompok
Setiap kelompok mendiskusikan tentang dampak-dampak hubungan sosial.
Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
c. Penutup
Penilaian
Memberi tugas individu.
E. Sumber dan Media Pembelajaran.
Buku IPS yang relevan
Gambar-gambar hubungan sosial
OHP
Rubrik simulasi dan rubric observasi.
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik Penilaian
Tes lesan
Tes tertulis
Penugasan
2. Bentuk Instrumen
Daftar pertanyaan
contoh gambar
Tes uraian
3. Soal / Insrumen
sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial
sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial.
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP / MTs : SMP Negeri 1 Binangun
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VIII / II
Standar Kompetensi : 6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Kompetensi Dasar :6.2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat.
Indikator :
Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian.
Mengidentifikasi fungsi pranata sosial.
Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial.
Alokasi : 6 jam pelajaran ( 3 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial.
Membedakan sumber-sumber pranata sosial.
Mengidentifikasi fungsi pranata sosial.
B. Materi Pembelajaran :
Definisi pranata sosial.
Jenis-jenis pranata sosial.
Fungsi masing-masing pranata sosial.
C. Metode Pengajaran :
Interview
Ceramah
Diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Siswa diminta menyebutkan macam-macam organisasi dalam masyarakat.
Motivasi : Guru menceritakan/mengelompokkan organisasi yang di sebutkan siswa dalam lima macam pranata sosial.
b. Kegiatan Inti.
Tanya jawab tentang pranata keluarga.
Tanya jawab tentang pranata agama.
Tanya jawab tentang pranata ekonomi.
Tanya jawab tentang pranata pendidikan.
Tanya jawab tentang pranata politik
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : Siswa mengetahui jenis-jenis pranata sosial.
2. Pertemuan II
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Bagaimana fungsi dari pranata keluarga, agama, dan pendidikan.
Motivasi : Guru bercerita tentang kehidupan berkeluarga, bagaimana dan dunia pendidikan.
b. Kegiatan Inti.
Membuat 3 kelompok diskusi.
Setiap kelompok di beri tugas mempelajari fungsi-fungsi pranata sosial.
Kelompok I : pranata keluarga
Kelompok II : pranata agama
Kelompok III : pranata pendidikan
Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusi.
Tanya jawab tentang perbedaannya.
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : Siswa menyimpulkan fungsi dan peran pranata keluarga
agama dan pendidikan.
3. Pertemuan III
a. Pendahuluan :
Apersepsi : Bagaimana fungsi dari pranata ekonomi dan politik.
Motivasi : Guru bercerita tentang kehidupan berekonomi dan berpolitik
b. Kegiatan Inti.
Membuat 4 kelompok diskusi.
Setiap kelompok di beri tugas mempelajari fungsi-fungsi pranata sosial.
Kelompok I : pranata ekonomi
Kelompok II : pranata ekonomi
Kelompok III : pranata politik
Kelompok III : pranata politik
Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi.
setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusi.
Tanya jawab tentang perbedaannya.
c. Penutup
Penilaian
Refleksi : Siswa menyimpulkan fungsi dan peran pranata keluarga
dan politik.
E. Sumber dan Media Pembelajaran.
Buku yang relevan
-
F. Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik Penilaian
Tes tertulis
Tes Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Tes uraian
3. Soal / Insrumen
Tes Uraian :
Sebutkan macam-macam pranata sosial ( 5 macam )
Jelaskan fungsi dari masing-masing pranata sosial.
Jelaskan difinisi pranata sosial.
Berikan contoh masing-masing 1 dari macam-macam pranata sosial.
Binangun, Juli 2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
Drs. KUSWANTO, MM.Pd. ADE SUTISNA, SPd.
NIP. 130 799 589 NIP. 500 176 176
Read More..