Selasa, 29 Juli 2008

BELIEF DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN

Berikut ini saya berikan kuesioner untuk Anda isi. tidak usah terlalu serius atau tegang saat mengisi. Tidak ada jawaban yang betul atau salah. Tujuan kuesioner ini ada dua. Pertama, anda semakin sadar mengenai belief (keyakinan), atau paling tidak pikiran Anda terbuka mengenai belief dalam berbagai aspek kehidupan. Kedua, Anda bisa tahu di mana posisi Anda saat ini.

Sekali lagi, ingat, tidak ada jawaban benar atau salah. Untuk hasil yang maksimal, Anda perlu menjawab kuesioner ini sejujur-jujurnya sesuai dengan kondisi Anda saat ini.


No

Benar

Salah

Pernyataan

1

B

S

Saya berharga untuk mendapatkan cinta dan rasa hormat.

2

B

S

Dunia saya adalah tempat yang cukup aman.

3

B

S

Saya menyelesaikan banyak tugas dengan baik.

4

B

S

Saya mengendalikan hidup saya.

5

B

S

Saya merasa dicintai dan diperhatikan.

6

B

S

Saya bisa mengendalikan diri saya sendiri.

7

B

S

Dunia bersifat netral.

8

B

S

Saya merasa nyaman saat berada di keluarga atau komunitas saya.

9

B

S

Kebanyakan orang bisa dipercaya.

10

B

S

Saya menetapkan standar yang masuk akal untuk diri saya sendiri.

11

B

S

Saya sering merasa “cacat” atau ada yang kurang dalam diri saya.

12

B

S

Hidup ini berbahaya- sewaktu-waktu bisa terjadi bencana alam, bencana kesehatan, atau bencana financial (keuangan).

13

B

S

Saya pada dasarnya tidak cakap.

14

B

S

Saya hanya punya sedikit kendali atas hidup saya.

15

B

S

Saya tidak pernah merasa benar-benar diperhatikan keluarga saya.

16

B

S

Orang lain bisa memperhatikan saya melebihi saya memperhatikan diri saya sendiri.

17

B

S

Saya merasa sedih apabila saya tidak mendapatkan yang saya inginkan – saya benci mendengar jawaban “tidak”.

18

B

S

Saya sering merasa diabaikan kelompok.

19

B

S

Banyak orang yang ingin melukai saya atau mengambil keuntungan dari saya.

20

B

S

Sangat sedikit dari apa yang saya kerjakan bisa memuaskan diri saya – saya biasanya berfikir saya bisa melakukannya lebih baik lagi.

21

B

S

Saya merasa OKE dengan diri saya.

22

B

S

Saya dapat melindungi diri saya dari hamper semua bahaya.

23

B

S

Saya mudah melakukan sesuatu hal.

24

B

S

Saya punya kemampuan untuk memecahkan hampir semua masalah saya.

25

B

S

Saya, paling tidak, punya satu relasi / hubungan yang bermakna (dalam konteks pacaran).

26

B

S

Tidak masalah jika berbeda pendapat dengan orang lain.

27

B

S

Saya bisa menerima bila saya tidak mendapatkan yang saya inginkan.

28

B

S

Saya bisa bergaul akrab dengan kawan-kawan saya.

29

B

S

Saya jarang merasa perlu melindungi atau menjaga diri saya terhadap orang lain.

30

B

S

Saya bisa memaafkan diri saya bila saya mengalami kegagalan.

31

B

S

Tidak ada orang yang saya inginkan akan menginginkan diri saya bila mereka benar-benar mengenal siapa diri saya yang sesungguhnya.

32

B

S

Saya khawatir sakit atau terluka.

33

B

S

Saat saya mempercayai penilaian saya pribadi, saya membuat keputusan yang salah.

34

B

S

Kadang-kadang saya tidak dapat menguasai situasi.

35

B

S

Hubungan saya dengan orang lain kurang erat –jika besok saya menghilang, tidak ada seorang pun yang tahu ketidakhadiran saya.

36

B

S

Saya bisa setuju dan sejalan dengan rencana orang lain.

37

B

S

Ada hal-hal tertentu yang harus saya miliki agar saya bisa bahagia.

38

B

S

Saya merasa sebagai orang asing / tersisihkan.

39

B

S

Kebanyakan orang hanya memikirkan diri mereka sendiri.

40

B

S

Saya seorang perfeksionis, saya harus menjadi yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan.

41

B

S

Saya punya kebutuhan yang menjadi hak saya untuk dipenuhi.

42

B

S

Saya berani mengambil resiko.

43

B

S

Saya orang yang cakap / kompeten, sama cakapnya dengan orang lain.

44

B

S

Saya tidak dikendalikan dorongan hati / impuls.

45

B

S

Saya merasa dicintai dalam keluarga saya.

46

B

S

Saya tidak membutuhkan persetujuan orang lain untuk apa yang saya lakukan.

47

B

S

Yang saya kerjakan berhasil, bahkan pada detik-detik terakhir.

48

B

S

Orang biasanya menerima saya apa adanya.

49

B

S

Saya merasa jarang dimanfaatkan orang lain.

50

B

S

Saya menetapkan tujuan yang realistis untuk diri saya.

51

B

S

Saya orang yang membosankan dan tidak asyik untuk diajak bicara.

52

B

S

Jika saya tidak hati-hati dengan uang saya, saya bisa tidak punya apa-apa.

53

B

S

Saya cenderung menghindari tantangan-tantangan baru.

54

B

S

Saya takut saya akan menyerah atau tunduk pada dorongan menangis, marah, atau seks yang berlebihan.

55

B

S

Saya takut ditinggalkan – orang yang saya kasihi akan meninggal atau menolak saya.

56

B

S

Saya kurang maksimal bila bekerja sendiri.

57

B

S

Saya merasa tidak harus menerima bebrapa batasan yang dikenakan pada orang-orang biasa.

58

B

S

Orang biasanya tidak melibatkan saya dalam kegiatan mereka.

59

B

S

Kebanyakan orang tidak bisa dipercaya.

60

B

S

Kegagalan merupakan hal yang sangat mengecewakan saya.

61

B

S

Saya mempunyai arti bagi dunia ini.

62

B

S

Saya bisa merawat diri saya dan orang yang saya cintai.

63

B

S

Saya mampu belajar keterampilan baru jika saya mencobanya.

64

B

S

Saya biasa dapat mengendalikan perasaan saya.

65

B

S

Saya bisa mendapatkan perhatian yang saya butuhkan.

66

B

S

Saya suka menghabiskan waktu seorang diri.

67

B

S

Pada kebanyakan kesempatan saya merasa diperlakukan dengan adil.

68

B

S

Harapan dan impian saya mirip dengan harapan dan impian orang lain.

69

B

S

Orang lain mendapat keuntungan dari sifat saya yang ragu.

70

B

S

Saya tidak sempurna dan itu tidak jadi masalah bagi saya.

71

B

S

Saya tidak menarik.

72

B

S

Saya memilih cara lama yang saya kenal dalam mengerjakan sesuatu daripada menggunakan cara baru tetapi mengandung resiko.

73

B

S

Saya tidak bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan.

74

B

S

Saya tidak berdaya mengubah banyak situasi saya.

75

B

S

Tidak ada yang bisa saya andalkan.

76

B

S

Saya berusaha keras menyenangkan orang lain, saya lebih mengutamakan kebutuhan mereka daripada kebutuhan saya sendiri.

77

B

S

Saya cenderung berharap yang terburuk.

78

B

S

Kadang saya merasa seperti makhluk asing, saya merasa sangat berbeda dengan orang lain.

79

B

S

Saya harus melindungi diri terhadap kebohongan dan ucapana kasar orang lain.

80

B

S

Saya bekerja sangat keras sehingga berdampak negative terhadap relasi, kesehatan, atau kebahagiaan saya.

81

B

S

Orang yang saya sukai dan hormati sering juga suka dan hormat terhadap diri saya.

82

B

S

Saya tidak terlalu khawatir tentang kesehatan atau uang.

83

B

S

Kebanyakan keputusan saya tepat.

84

B

S

Saya bisa mengambil kendali jika saya rasa perlu.

85

B

S

Saya dapat bergantung pada kawan untuk mendapatkan nasehat dan dukungan emosi.

86

B

S

Saya berfikir untuik diri saya sendiri, saya dapat mempertahankan ide saya.

87

B

S

Di kebanyakan kesempatan saya diperlakukan dengan adil.

88

B

S

Saya dapat berganti pekerjaa, atau bergabung dalam suatu klub dan dapat menyesuaikan diri dengan baik.

89

B

S

Saya lebih suka mudah percaya daripada terlalu curiga terhadap orang lain.

90

B

S

Tidak masalah jika saya membuat kesalahan.

91

B

S

Saya tidak layak mendapat banyak perhatian dan rasa hormat.

92

B

S

Saya merasa tidak tenang bila bepergian jauh dari rumah seorang diri.

93

B

S

Saya mengacaukan apa saja yang saya lakukan.

94

B

S

Saya sering menjadi korban keadaan.

95

B

S

Tidak ada yang memeluk saya, berbagi rahasia dengan saya, atau benar-benar peduli dengan apa yang terjadi pada saya.

96

B

S

Saya mengalami kesulitan mengetahui keinginan dan kebutuhan saya.

97

B

S

Meskipun secara objektif hidup saya baik, saya mengalami kesulitan besar untuk bisa menerima beberapa bagian dari hidup saya karena tidak seperti yang saya harapkan.

98

B

S

Saya tidak merasa menjadi bagian dari atau diterima lingkungan saya.

99

B

S

Kebanyakan orang ingkar janji dan berbohong.

100

B

S

Saya punya aturan hidup yang sangat jelas untuk diri saya sendiri.

Keterangan : Diadaptasi dari Jeffrey Young’s (1990) Schema Questionare dalam Adi W Gunawan & Ariesandi, The Secret of Mindset.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger