Minggu, 14 September 2008

Semarak Ramadhan di SMP Negeri 1 Binangun

Semarak Ramadhan di SMP N 1 Binangun Cilacap


Dalam rangka menyemarakkan Kegiatan Keagamaan di Bulan Suci Ramadhan 1429 H / 2008 Masehi, SMP Negeri 1 Binangun Cilacap mengadakan beberapa macam kegiatan, yaitu : Pesantren Kilat dan Pengumpulan Zakat Fitrah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi sebanyak sekitar 845 orang dan dilaksanakan selama satu minggu dari Senin - Sabtu, 15 - 20 September 2008 di Kampus SMP Negeri 1 Binangun, Jl. Widarapayung Binangun Cilacap.

Menurut Drs. Kuswanto, selaku Kepala SMP Negeri 1 Binangun, kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif, karena mau tidak mau seolah-olah anak mengikuti kegiatan ini ada unsur paksaannya dalam upaya untuk menambah ilmu, khususnya ilmu tentang keagamaan.

"Anak-anak di rumah belum tentu mengaji, sehingga kegiatan tersebut sangatlah tepat. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan pada Bulan Suci Ramadhan, yang menurut Al-Qur'an dan Hadits akan dapat nilai plus," tandasnya.

"Ada dua keuntungan yang dapat anak-anak peroleh dari kegiatan ini, yaitu : dapat ilmu (keagaamaan) dan akan dapat pahala," tambahnya.

Menurut Kuswanto, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun sekali, namun untuk pesantren kilat model klasikal seperti sekarang ini baru dilaksanakan tahun ini. Dan ternyata menurut beliau, sekarang lebih efektif dibandingkan dengan model ceramah umum, karena yang mendengar hanya anak-anak yang di depan saja, sementara yang belakang ngomong sendiri.

Adapun target dari kegiatan pesantren ini adalah supaya anak dalam pengamalan agamanya bisa lebih mantap bila dibandingkan sebelumnya.
***

Sementara itu, Muhammad Ridwan, SPd.I. selaku Koordinator kegiatan dan sekaligus Guru Agama Islam di SMP N 1 Binangun menambahkan, bahwa ada dua tujuan yang ingin dicapai, yaitu : meningkatkan pemahaman, pengalaman keagamaan baik guru maupun siswa, dan membangun syiar Islam sehingga Kegiatan Ramadhan akan lebih bermakna.

Hal tersebut, mendapat tanggapan positif dari siswa/siswi yang salah seorang diantara pesertanya, yaitu Reni Windi Lestari (14 th), siswi kelas 9 C.

"Menurut saya, kegiatan ini sangat bagus, apalagi ada materi tentang shalat berjamaahnya," jelas Reni.

"Terus terang, saya kalau di rumah belum sempat mengaji, sehingga ketika ada pesantren kilat, maka saya senang sekali dengan kegiatan ini. Dan saya berharap kegiatan semacam ini juga bisa dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang," tambahnya menutup pembicaraan.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger